Kamis, 05 November 2009

Sangat Jengkel .......

Pada umumnya sebagian besar dari isi doa adalah permohonan kepada Bapa Disorga. Permohonan itu biasanya dimulai dari yang paling mudah; agar dosa-dosa kita diampuni s/d permohonan agar yang sudah mau mati sekarat pun bisa disembuhkan kembali.
Maklum manusia mana sih yang tidak punya problem mulai dari Presiden sampai dengan wong gembel semuanya sama. Mungkin hanya mereka yang sudah tidak bisa berpikir dengan sehat lagi seperti wong pikun atau yang sudah berada dirumah sakit jiwa yang sudah tidak memiliki problem lagi.
Seperti layaknya semua orang yang mengajukan permohonan; pasti ia mengharapkan jawaban entah itu jawaban YES or NO. Hanya sayangnya jawaban itu kandang-kadang sering molor dan sangat laaaa..amban sekali, bahkan terkadang pun tidak ada jawaban sama sekali. Hal inilah yang membuat Mang Ucup jadi jengkel, karena tidak sabaran lagi menunggu.
Tetapi mari kita renungkan jawaban mana yang paling baik bagi kita, apabila Tuhan menjawab: ”Doa permohonan engkau akan dikabulkan” ataukah sudah cukup apabila Ia menjawab “Aku mengasihi engkau”!
Mang Ucup pribadi lebih sering mefokuskan akan permohonan doanya daripada Tuhan-Nya sendiri. Yang penting Doa saya dikabulkan sedangkan urusan Tuhan itu adalah urusan nomor berikutnya begitu juga halnya dengan Marta dan Maria yang memberitahu kepada Tuhan Yesus bahwa saudara lelakinya Lazarus sakit. Yesus menjawab: “Penyakit itu tidak akan membawa kematian” (Yoh 11:4) Namun setelah itu bukannya Tuhan Yesus buruan mencari sang pasien yang membutuhkan uluran tangan-Nya, melainkan sengaja tinggal lebih lama dua hari lagi ditempat lain. (Yoh 11:6)
Cobalah Anda renungkan sendiri; pada saat dimana Anda memanggil Dr, karena ada anggota keluarga yang sakit keras, bukannya ia buruan datang, tetapi pergi jalan-jalan ke Bandung (tempat lain) dahulu. Bagaimana perasaan Anda? Akhirnya Lazarus mati sebelumnya Tuhan Yesus tiba ditempat. Hal inilah yang membuat Marta jadi jengkel : Tuhan sekiranya Engkau ada disini, saudaraku pasti tidak mati.(Yoh 11:32) Marta jadi jengkel, karena tidak sabaran, terlebih lagi, karena ia tidak percaya kepada janji-Nya. Mang Ucup sendiri sering mengalami hal yang sama seperti Marta, karena merasa permohonan doanya tidak digubris atau terlambat dijawabnya.
Apakah hanya manusia biasa seperti mang Ucup dan Anda saja yang bisa mempunyai perasaan jengkel ini? Tidak Tuhan Yesus pun pernah merasakan hal yang sama. Tuhan merasa jengkel, karena ketidak percayaan kita kepada-Nya. Jengkel, geram atau kesal. (Yoh 11:33; 11:38)Tuhan Yesus sendiri bersabda: “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Elohim” (Yoh 11:40)
Pada umumnya kita baru percaya apabila permohonan kita dikabulkan. Jadi percaya itu timbul pada umumnya, karena kita tahu, bukannya percaya dahulu baru kita tahu. Dengan ini Mang Ucup lampirkan resep agar jangan cepat jadi jengkel.
Apakah Anda tahu bahwa Doa itu sungguh dapat mengubah segala sesuatu? Tidak yakin? Bacalah sendiri jawabannya.
Apakah doa dapat mengubah suatu keadaan secara tiba-tiba ? Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah cara kita memandang situasi tersebut!
Apakah doa mengubah kondisi keuangan kita dimasa depan ? Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah kepada siapa kita berharap untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari!
Apakah doa mengubah hati yang hancur atau tubuh yang rusak ? Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah sumber kekuatan dan sumber penghiburan kita!
Apakah doa mengubah apa yang kita butuhkan dan inginkan ? Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah kebutuhan dan keinginan kita menjadi yang sesuai dengan keinginan TUHAN!
Apakah doa mengubah cara kita melihat dunia ? Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah dengan mata siapa kita akan melihat dunia!
Apakah doa mengubah penyesalan kita akan masa lalu ? Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah harapan kita dimasa depan!
Apakah doa mengubah orang-orang disekitar kita ? Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah kita karena masalah tidak selalu terletak dalam diri orang-orang disekitar kita!
Apakah doa sungguh mengubah segala sesuatu ?
YA, DOA SUNGGUH MENGUBAH SEGALA SESUATU !
Amin
By.
Mang Ucup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar