Senin, 06 April 2009

Hiduplah dengan Sabar dan Penuh Kasih

Sabar adalah sebuah kata yang seringkan kita katakan apabila seseorang atau sahabat dan bahkan saudara kita mengalami sesuatu yang tidak mengenakkan hati. Dalam hal ini kita mengajak dan bahkan kita bisa bersifat memaksa agar dia yang sedang menalamin hal yang tidak mengenakkan tersebut tidak langsung putus asa, tidak menyalahkan orang lain dan bahkan bisa menyalahkan Tuhan. Kalau kita lihat dari banyaknya huruf dan gampangnya di lafalkan kata sabar ini sangatlah sederhana, namun kalau kita simak dari makna kata sabar ini sangatlah besar maknanya, karena hanya kata sabar bisa membuat orang merasa tenang dalam menghadapi sesuatu hal yang mungkin sangat menyakitkan, juga bisa membuat orang kuat dalam menghadapi pencobaan, seandainya seseorang yang sedang menalami sesuatu pencobaan tidak SABAR mungkin dia akan menyalahankan Tuhan yang bisa berakibat sangat fatal dalam kehidupannya dan bahkan kata sabar ini adalah suatu kata yang bisa menjadi modal dasar orang untuk menggapai suatu kesuksesan, karena tanpa kesabaran tidak ada kesuksesan sebab kesuksesan tidak pernah diraih dengan sesingkat mungkin tapi harus mengalami beberapa halangan dan rintangan dan tanpa.

Biasanya orang sabar juga adalah orang yang penuh dengan KASIH karena orang tanpa rasa kasih yang mendalam juga tidak bisa sabar dalam segala sesuatu. Bisa kita lihat dalam hal kecil seperti antrian sesuatu hal kalau orang tanpa ada rasa KASIH pasti langsung pengen paling duluan tanpa memikirkan orang lain dan tidak pernah dia punya rasa sabar untuk menunggu gilirannya. Biarpun seorang yang sudah tua yang ada di depannya apabila tidak ada KASIH dalam hidupnya pasti selalu bersamaan hilangnya rasa SABAR dan akan berusaha mendahulukan dirinya dari orang yang ada didepannya walaupun sebenarnya belum gilirannya. Jadi bisa kita lihat kasih itu tidak bisa kita lepaskan dari keSABARan. Kalau sudah tidak ada Kasih dan juga Sabar pastilah tidak adalagi murah hati dalam hidupnya, karena hanya dengan Kasih baru bisa kita berMURAH HATI yang begitu tulus. Mungkin kalau kita lihat baru-baru ini begitu terjadi musibah Situ Gintung banyak orang (Caleg/Partai) berlomban-lomba memberikan bantuan tapi tidak semuanya dengan tulus, tidak semuanya mereka yang memberikan itu kasih namun banyak dari mereka memberikan sesuatu itu dengan mengharapkan sesuatu juga sebagai imbal balik dari apa yang mereka korbankan tersebut. Namun apabila seseorang itu penuh dengan Kasih akan memberikan dengan tulus dan tanpa mengharapkan sesuatu sebagai imbal balik dari apa yang telah dia berikan karena KASIH ITU MURAH HATI

Orang-orang yang sombong, orang-orang yang angkuh selalu membanggakan segala sesuatu yang telah mereka lakukan, yang telah mereka perbuat, apa yang telah mereka korbankan selalu mereka koar-koarkan. Akan tetapi kalau orang yang penuh dengan Kasih segala sesuatu yang telah mereka lakukan, yang telah mereka perbuat dan atau segala sesutu yang telah mereka korbankan mereka tidak akan pernah publikasikan akan semunya itu dan bahkan mereka itu cenderung jangan sampai ada orang lain yang tau akan hal itu dan kalaupun orang lain tau mereka-mereka ini menginginkan biarlah orang yang telah merasakan, melihat, menikmati apa yang telah mereka perbuat yang mengwartakannya ke seluruh penjuru dunia. Karena ada prinsip dasar dalam hidup orang yang penuh kasih ”Apa yang telah diberikan oleh tangan kanan sebaiknya janganlah diketahui oleh tangan kiri”.

Bila seseorang kita katakan penuh dengan keSABARan, penuh dengan KASIH pasti orangnya tidak pemarah akan tetapi dianya adalah pemaaf yang berarti tidak akan pernah menyimpan kesalahan orang lain dan bisa kita katakan orangnya tidak akan pernah menjadi pendendam. Seandainya kita tidak menjadi orang yang SABAR dan tidak penuh dengan kasih pasti bila seseorang menyakiti kita pasti kita langsung membalaskannya dan apabila kita merasa belum sanggup membalaskannya pada saat itu juga pasti kita akan mencari cara dan jalan bagaimana caranya agar kita bisa membalaskannya yang berarti ada sesuatu perasaan dendam dalam diri kita. Berarti sangatlah besar manfaat dalam hidup kita bila kita bisa hidup dalam Kasih dan SABAR karena kita akan merasakan hidup yang jauh lebih tenang.

Hal ini bisa kita temukan dalam ayat Firman Tuhan yang tertulis dalam KITAB 1 Korintus 13 : 4 -7

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar